PENGARUH MODEL MIND MAPPING TERHADAP KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR MEMBERI CONTOH SEDERHANA PENGARUH GLOBALISASI DI LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN NAMBAAN II KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

FADHILATUL FAHMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0262

Abstract

ABSTRAK FADHILATUL FAHMI: Pengaruh Model Mind Mapping terhadap Kreatifitas dan Hasil Belajar Memberi Contoh Sederhana Pengaruh Globalisasi di Lingkungannya pada Siswa Kelas IV SDN Nambaan II Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, PGSD, FKIP UNP KEDIRI, 2016. Kata Kunci : model Mind Mapping, kreatifitas, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasar pengalaman peneliti selama pembelajaran PKn khususnya materi contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya yang masih menggunakan metode Konvensional, dan belum bervariasinya model yang digunakan. Tujuan penelitiannya adalah untuk mendapatkan data dan mengetahui tentang: (1) Kemampuan kreatifitas dan hasil belajar memberi contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya tanpa model Mind Mapping siswa kelas IV SDN Nambaan II Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Kemampuan kreatifitas dan hasil belajar memberi contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya dengan model Mind Mapping siswa kelas IV SDN Nambaan II Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. (3) Pengaruh penggunaan model Mind Mapping terhadap kemampuan kreatifitas dan hasil belajar memberi contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya siswa kelas IV SDN Nambaan II Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Posttest Only Control Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode produk dan tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji-t independent untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran. Dari analisis data yang diperoleh, hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kreatifitas antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen tidak ada perbedaan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t diperoleh sig 0,053 > 0,05. (2) hasil belajar siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen terdapat perbedaan, hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis uji t diperoleh sig 0,029 < 0,05.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI