PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PUNJUL 2 KABUPATEN KEDIRI PADA MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
DWI RUSDIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0260
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang telah dilakukan dilapangan, bahwa kemampuan siswa pada materi menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) masih sering di pandang sebagai pelajaran yang sulit sehingga siswa enggan untuk belajar matematika. Hal ini disebabkan karena pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar masih menggunakan cara mengajar yang konvensional atau ceramah, disamping itu guru juga masih belum menggunakan model pembelajaran yang variatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih yaitu model pembelajaran make a mach.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi dan keaktifan siswa pada materi menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran make a match dan pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar siswa pada materi menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Punjul 2 tahun ajaran 2015/ 2016, dan menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian ini berupa data hasil angket motivasi yang selanjutnya diuji menggunakan uji t. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan nilai motivasi siswa pada materi menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB), setelah menggunakan model pembelajaran make a match ternyata lebih tinggi dari sebelum menggunakan model pembelajaran make a match. Dari nilai motivasi siswa yang meningkat berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV.
Saran dari penelitian ini adalah agar model pembelajaran make a macth dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB).
Kata Kunci: model pembelajaran make a match, motivasi belajar siswa, kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) kelas IV.