PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN SIFAT BENDA YANG DIAMATI AKIBAT DARI PEMBAKARAN, PEMANASAN DAN DILETAKKAN DI UDARA TERBUKA PADA SISWA KELAS III SDN BARENG KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

YUYUN FITRIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0255

Abstract

Abstrak YUYUN FITRIA: Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Sifat Benda yang diamati akibat dari Pembakaran, Pemanasan dan diletakkan di udara terbuka pada Siswa Kelas III SDN Bareng Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015 / 2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : metode discovery learning, Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Sifat Benda. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi mendeskripsikan perubahan sifat benda pada siswa kelas III SDN Bareng 1 kesulitan untuk mendeskripsikan perubahan sifat benda. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru belum menentukan metode yang tepat untuk materi tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan metode discovery learning agar tujuan pembelajarannya tercapai. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara terbuka tanpa menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas III SDN Bareng 3? (2) Bagaimana mendeskripsikan perubahan sifat benda yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara terbuka pada siswa kelas III SDN Bareng Tahun Ajaran 2015-2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Grub Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian siswa kelas III SDN Bareng 1 dan SDN Bareng 3 kecamatan sawahan Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data berupa tes soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:(1) Tanpa menggunakan metode discovery learning Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Sifat Benda yang diamati akibat dari Pembakaran, Pemanasan dan diletakkan di udara terbuka pada Siswa Kelas III SDN Bareng 3 nilai rata-tara sebesar 65,00 < KKM 70 (2) Penggunaan metode Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Sifat Benda yang diamati akibat dari Pembakaran, Pemanasan dan diletakkan di udara terbuka pada Siswa Kelas III SDN Bareng 1 terbukti dengan nilai rata-tara sebesar 78,50 > KKM 70 (3) Ada perbedaan pengaruh antara tanpa menggunakan metode discovery learning dibanding dengan menggunakan metode discovery learning terhadap kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Sifat Benda yang diamati akibat dari Pembakaran, Pemanasan dan diletakkan di udara terbuka pada Siswa Kelas III SDN Bareng, terbukti dengan hasil th= (4.534 ? 2,690) dengan keunggulan pada penggunaan metode Discovery Learning. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, direkomendasikan (1) Perlu penerapan dalam penggunaan metode discovery learning,karena siswa dapat lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran (2) Guru diharapkan menggunakan metode discovery learning dalam pembelajaran perubahan sifat benda.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI