PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III MI JATISALAM TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RIZKA ROHMATUR RIF'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0253

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan penelitian peneliti, bahwa pembelajaran pada materi mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas III MI Jatisalam, guru cenderung hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi tersebut. Akibatnya siswa menjadi pasif dan mengalami kesulitan dalam menguasai materi sehingga hasil yang dicapai belum maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) didukung media visual agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Permasalahan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) didukung media visual pada siswa kelas III MI Jatisalam Tulungagung TA 2015/2016? 2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) tanpa didukung media visual pada siswa kelas III MI Jatisalam Tulungagung TA 2015/2016? 3) Apakah kemampuan siswa kelas III MI Jatisalam Tulungagung TA 2015/2016 yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) didukung media visual lebih baik dari pada kemampuan siswa yang tidak diberi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) tanpa didukung media visual? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Randomized Control Group Only Design dan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III MI Jatisalam. Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumennya berupa soal uraian. Analisis data penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Hasil analisis t-tabel taraf 5% = 2,007 < t-hitung (5832). Dengan rata-rata kelas eksperimen 88,84 dan rata-rata kelas kontrol 65,89 (88,88 >65,89). Artinya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada kelompok kontrol siswa kelas III MI Jatisalam Tulungagung TA 2015/2016. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas III MI Jatisalam Tulungagung TA 2015/2016 yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung media visual lebih baik dari pada kemampuan siswa yang diberi model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) tanpa didukung media visual.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI