PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGGUNAKAN PECAHAN DALAM MASALAH PERBANDINGAN DAN SKALA PADA SISWA KELAS V SDN BANGSAL KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

JELIS ARSETA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0250

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa banyak siswa yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit sehingga berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Agar siswa memiliki kemampuan kritis, kreatif dan aktif, maka guru harus lebih selektif lagi dalam memilih model pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala yang diajar dengan model pembelajaran langsung? (2) Bagaimanakah kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala yang diajar dengan model pembelajaran Course Review Horay? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan bentuk design eksperimen semu prates dan pascates serta menggunakan pendekatan kuantitatif, data-data yang diperoleh yaitu data numerik. Dan subyek penilitiannya adalah siswa kelas V SDN Bangsal 3. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala dengan menggunakan model pembelajaran langsung tidak meningkat secara signifikan hal ini dapat dibuktikan pada perolehan rata-rata sebesar 76,00 (2) Kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay meningkat secara signifikan hal ini dapat dibuktikan pada perolehan rata-rata sebesar 83,52 (3) Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala hal tersebut dibuktikan pada data hasil perhitungan uji t Asymp.Sig. (2-tailed) 0,002 <0,05. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok penggunaan model pembelajaran Course Review Horay adalah untuk membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar yang menarik. (2) guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah model pembelajaran Course Review Horay sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. Kata kunci: model pembelajaran course review horay, kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI