PENGARUH METODE INQUIRY DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PENYELIDIKAN TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA BAIK SEMENTARA MAUPUN TETAP PADA SISWA KELAS V SDN ROWOHARJO TAHUN AJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
DIAN AYU PRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0247
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran siswa kelas V SDN Rowoharjo pada mata pelajaran IPA tentang kemampuan menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda baik sementara maupun tetap, masih dominan dengan pembelajaran ceramah saja. Hal demikian tidak membuat siswa terlibat secara langsung mencari informasi sendiri dan membuat siswa pasif, sehingga pembelajaran kurang bermakna dan bermanfaat.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda baik sementara maupun tetap menggunakan metode inquiry tanpa didukung media tiga dimensi pada siswa kelas V SDN Rowoharjo I Tahun Ajaran 2015-2016. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda baik sementara maupun tetap dengan menggunakan metode inquiry didukung media tiga dimensi pada siswa kelas V SDN Rowoharjo II Tahun Ajaran 2015-2016. (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode inquiry didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda baik sementara maupun tetap pada siswa kelas V SDN Rowoharjo II Tahun Ajaran 2015-2016.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Posttest-Only Control Design dan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Rowoharjo I dan SDN Rowoharjo II. Analisis data yang digunakan adalah Spss 16.0 for Windows, dengan menggunakan uji-t (Indenpenden Sample Test) pada taraf signifikan 5%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Kemampuan menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda baik sementara maupun tetap menggunakan metode inquiry tanpa didukung media tiga dimensi pada siswa kelas V SDN Rowoharjo I Tahun Ajaran 2015-2016 dinyatakan masih di bawah rata-rata. (2) Kemampuan menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda baik sementara maupun tetap dengan menggunakan metode inquiry didukung media tiga dimensi pada siswa kelas V SDN Rowoharjo II Tahun Ajaran 2015-2016 dinyatakan di atas rata-rata/meningkat. (3) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode inquiry didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda baik sementara maupun tetap pada siswa kelas V SDN Rowoharjo II.