PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN ROWOHARJO TAHUN AJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
DIAN AYU PRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0246
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran siswa kelas V SDN Rowoharjo pada mata pelajaran IPA tentang kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, masih dominan dengan pembelajaran ceramah saja. Hal demikian tidak membuat siswa terlibat secara langsung mencari informasi sendiri dan membuat siswa pasif, sehingga pembelajaran kurang bermakna dan bermanfaat.
Permasalahan pada penelitian ini adalah: 1). Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya menggunakan metode pembelajaran langsung (Direct Intruction) pada siswa kelas V SDN Rowoharjo I Tahun Ajaran 2015-2016? 2). Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya menggunakan metode Eksperimen pada siswa kelas V SDN Rowoharjo II Tahun Ajaran 2015-2016. 3). Adakah pengaruh penggunaan metode Eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Rowoharjo II Tahun Ajaran 2015-2016?
Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan Post- test dan Pre- test Only Control Design dan menggunakan metode rumus SPSS Versi 16.0 Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Rowoharjo. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah Tehnik rumus uji t (Indenpenden Sample Test).
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Siswa kelas V SDN Rowoharjo I kurang mampu mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang diajarkan dengan metode pembelajaran langsung, hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil probabilitas Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05. (2) Siswa kelas V SDN Rowoharjo II mampu mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang diajarkan dengan metode Eksperimen, hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil probabilitas Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05. (3) Ada pengaruh penggunaan metode Eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Rowoharjo II, hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan posttest metode pembelajaran langsung dan posttest metode Eksperimen hasil probabilitas Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 dimana metode Eksperimen mempunyai pengaruh yang lebih baik dibanding dengan menggunakan metode pembelajaran langsung.