Studi Komparasi Penggunaan Metode Simulasi dan Metode Ceramah Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah yang Berkaitan dengan uang Pada Siswa Kelas IV SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun 2016/2017


Author (Penulis)

SUKMA DEWI PRAYITNO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0244

Abstract

ABSTRAK Sukma Dewi P. Studi Komparasi Penggunaan Metode Simulasi dan Metode Ceramah Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah yang Berkaitan dengan uang Pada Siswa Kelas IV SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata Kunci : Metode Simulasi, Metode Ceramah, Kemampuan Memecahkan Masalah . Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar masih didominasi cara pembelajaran konvesional yaitu guru masih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan biasa tanpa inovasi pembelajaran sama sekali. Kondisi tersebut menjadikan minat belajar siswa rendah yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu metode Simulasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah Metode Simulasi berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah yang melibatkan uang pada siswa kelas IV SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun 2016/2017? (2) Apakah Metode Ceramah berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah yang melibatkan uang pada siswa kelas IV SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun 2016/2017? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara penggunaan Metode Simulasi dibanding Metode Ceramah terhadap kemampuan memecahkan masalah yang melibatkan uang pada siswa kelas IV SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas 4 SDN Puncu 2 Kec. Puncu Kab. Kediri yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas 4A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode simulasi dan 4B sebagai kelas kontrol menggunakan metode Ceramah dengan analisis data menggunakan uji t test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode simulasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang pada siswa kelas IV SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari nilai thitung = 9,291 > tt 1% = 2,861 dengan ketuntasan klasikal 89,37 %. (2) Penggunaan metode ceramah kurang berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang pada siswa kelas IV SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari nilai thitung = 8,110 > tt 1% = 2,861, dengan ketuntasan klasikal mencapai 38,95%. (3) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan metode simulasi dengan metode ceramah terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang pada siswa kelas IV SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari nilai thitung = 4,911 > tt1% 2,042. Dengan keunggulan pada penggunaan metode simulasi, hal tersebut terbukti dari nilai rerata Post-test pada penggunaan metode simulasi adalah 85,20 lebih besar dari nilai rerata Post-test pada pengguanan metode ceramah adalah 74,20.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI