PENGARUH MODEL SCRAMBLE DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN SISWA KELAS III SDN REMBANGKEPUH KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

OKTAVIA PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0243

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Rembangkepuh, guru cenderung hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi tersebut. Akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam menguasai materi sehingga hasil yang dicapai belum maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model Scramble didukung media Gambar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Permasalahan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kemampuan sebelum menggunakan model Scramble didukung media Gambar dalam mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun 2015-2016? 2) Bagaimana kemampuan sesudah menggunakan model Scramble didukung media Gambar dalam mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun 2015-2016? 3) Adakah pengaruh pembelajaran menggunakan model Scramble didukung media Gambar dalam mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun 2015-2016. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Rembangkepuh. Analisis data penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 1% dan 5%. Hasil penelitian ini : (1) Kemampuan siswa dalam mengenal jenis-jenis pekerjaan sebelum menggunakan model pembelajaran Scramble didukung media gambar mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Berdasarkan nilai rata-rata pre-test kontrol 43,05%, sehingga nilai siswa belum mencapai KKM. (2) Kemampuan siswa dalam mengenal jenis-jenis pekerjaan setelah menggunakan model pembelajaran Scramble didukung media gambar mendapatkan hasil yang baik.berdasarkan nilai rata-rata post-test eksperimen 77,27%, sehingga nilai siswa sudah mencapai KKM. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan model Scramble didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dibuktikan dari perbandingan nilai t-hitung dengan t-tabel, t-hitung sebesar 13,239 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,080. Sehingga t-hitung > t-tabel (13,239 > 2,080). Kata kunci : Model Scramble dan Media Gambar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI