PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PENYEBAB PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV DI SDN 1 NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
JIBRIAN TEGUH DWI ANGGARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0242
Abstract
Jibrian Teguh Dwi Anggara :Pengaruh Model Reciprocal Teaching Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Menjelaskan Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik Pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016/2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa pembelajaran pada materi menjelaskan penyebab perubahan lingkungan fisik siswa kelas IV SDN 1 Ngantru, guru cenderung hanya menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab dalam mengajar tanpa menggunakan model pembelajaran. Akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam menguasai materi.Kondisi ini diduga faktor guru yang mendominasi dalam proses pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model Reciprocal Teaching didukung media gambar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjelaskan penyebab perubahan lingkungan fisik sebelum menggunakan model Reciprocal Teaching didukung media gambar pada kelas IV SDN 1 Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjelaskan penyebab perubahan lingkungan fisik sesudah menggunakan model Reciprocal Teaching didukung media gambar. Pada kelas IV SDN 1 Ngantru TahunPelajaran 2016/ 2017. (3) Untuk mengetahui adakah perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan model Reciprocal Teaching didukung media gambar terhadap kemampuan siswa menjelaskan penyebab perubahan lingkungan fisik pada kelas IV SDN 1 Ngantru Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pre-Experimental Design dan jenis One-Group Pretest-PosttestDesign dan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel 20 siswa yang ditentukan dengan Sampling tidak dipilih secara random.Teknik pengumpulan data berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan tes. Dan instrumentnya berupa soal objektif. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) kemampuan siswa dalam menjelaskan penyebab perubahan lingkungan fisik sebelum menggunakan model Reciprocal Teaching didukung media gambar pada kelas IV SDN 1 Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017 dikategorikan kurang baik.(di bawah KKM yaitu 70). (2) kemampuan siswa dalam menjelaskan penyebab perubahan lingkungan fisik sesudah menggunakan model Reciprocal Teaching didukung media gambar pada kelas IV SDN 1 Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. Dikategorikan baik. (diatas KKM yaitu 70). (3) Ada perbedaan pengaruh antara sebelum dan sesudah menggunakan model Reciprocal Teaching di dukung media gambar terhadap kemampuan siswa menjelaskan penyebab perubahan lingkungan fisik pada kelas IV SDN 1 Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. Dari analisis Uji-t, diperoleh thitung= 37.641 dan ttable dengan df/db=39 diperoleh angka 1,68488 untuk taraf signifikan 5%. (thitung =37.641 > ttabel= 1,68488).
Kata kunci: Model Reciprocal Teaching, Media Gambar dan kemampuan menjelaskan.