PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA PADA SISWA KELAS V SD PAWYATAN DAHA KOTA KEDIRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

OLIVIA NOVITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0241

Abstract

ABSTRAK Olivia Novitasari : Penerapan Model Problem Based Learning Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Keputusan Bersama Pada Siswa Kelas V SD Pawyatan Daha, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran pada materi Pendidikan Kewarganegaraan di SD masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengenal bentuk keputusan bersama menggunakan model problem based learning didukung media audio visual? (2) Bagaimana kemampuan mengenal bentuk keputusan bersama menggunakan model problem based learning tanpa didukung media audio visual? (3) Apakah kemampuan mengenal bentuk keputusan bersama menggunakan model problem based learning didukung media audio visual lebih baik dari kemampuan mengenal bentuk keputusan bersama menggunakan model problem based learning tanpa didukung media audio visual?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Pawyatan Daha. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes serta instrumen berupa perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa dalam mengenal bentuk keputusan bersama pada kelas eksperimen menggunakan model problem based learningdidukung media audio visual pada siswa kelas V SD Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 mencapai KKM. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang cenderung lebih tinggi yaitu diatas KKM 70 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 81.05. (2) Kemampuan siswa dalam mengenal bentuk keputusan bersama dengan menggunakan model problem based learning tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas V SD Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 tidak mencapai KKM. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang cenderung rendah yaitu dibawah KKM 70 dengan nilai rata-rata kelas kontrol 68.46. (3) Kemampuan siswa kelasV SD Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 yang diberi pembelajaran dengan model problem based learning didukung media audio visual lebih baik dari pada kemampuan siswa yang menggunakan model problem based learning tanpa didukung media audio visual. Hal ini dibuktikan bahwa berdasarkan hasil analisis uji-t dengan menggunakan independent t test didapat sig. 2-tailed 0.002, maka 0.002 0.05 sehingga H diterima dan H10 ditolak. Kata kunci: Problem Based Learning, audio visual, kemampuan mengenal

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI