Pengaruh Model Discovery Learning Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Berbagai Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik (Angin dan Hujan) Pada Siswa Kelas IV SDN Gedangan Tahun Pelajaran 2015/2016


Author (Penulis)

NIA CHOIRUN NISA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0238

Abstract

ABSTRAK: Nia Choirun Nisa: Pengaruh Model Discovery Learning Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Berbagai Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik (Angin dan Hujan) Permasalahan peneliti adalah (1) Apakah Model Discovery Learning tanpa didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin dan hujan) pada siswa? (2) Apakah Model Discovery Learning dengan didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin dan hujan) pada siswa? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara menggunakan Model Discovery Learning tanpa didukung media audio visual dibanding dengan Model Discovery Learning dengan didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin dan hujan) pada siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Post test-Only Control Design dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gedangan yang terdiri dari dua kelompok yaitu kontrol 22 siswa dan eksperimen 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan multi of choice. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan Model Discovery Learning tanpa didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik. (2) Penggunaan Model Discovery Learning dengan didukung media audio visual sangat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik. (3) Ada perbedaan pengaruh antara Model Discovery Learning tanpa didukung media audio visual dibanding Model Discovery Learning dengan didukung media audio visual sangat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik. Berdasarakan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran Discovery didukung dengan media audio visual adalah untuk belajar memecahkan masalah. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana diskusi. (2) Guru harus meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran Discovery didukung dengan media audio visual sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. Kata kunci : Model Discovery Learning, Media Audio Visual, Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik (Angin dan Hujan).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI