PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV SDN PLOSO 2 NGANJUK TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RESI LIANA IKA WIDYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0237

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan penelitian, bahwa berpikir kritis siswa masih kurang nampak. Terlebih pada pembelajaran IPA yang dituntut untuk memahami konsep secara konkrit. Akibatnya siswa kurang menguasai materi dan cara berpikir kritis yang dimiliki siswa juga kurang berkembang dengan baik. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model artikulasi. Sehingga dapat diketahui tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh antara menggunakan model artikulasi dengan tanpa menggunakan model artikulasi terhadap kemampuan berpikir kritis mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Ploso 2 Nganjuk, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji-t independent. Dari analisis data yang diperoleh maka dapat disimpulkan: (1) kemampuan berpikir kritis siswa dalam mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi dengan menggunakan model artikulasi meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata kelas meningkat dari 66.48 menjadi 88.56, (2) kemampuan berpikir kritis siswa dalam mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi tanpa menggunakan model pembelajaran artikulasi meningkat namun tidak begitu signifikan dengan nilai rata-rata kelas naik dari 66.48 menjadi 79.56, (3) Ada pengaruh sangat signifikan penggunaan model pembelajaran artikulasi dan tanpa model artikulasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi. Oleh sebab itu model pembelajaran artikulasi baik digunakan untuk meningkatkan daya berpikir kritis siswa dalam mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV. Kata kunci: artikulasi, berpikir kritis, kenampakan bumi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI