PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MODEL TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV SDN TANJUNGKALANG KECAMATAN NGRONGGOT TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
FITRI ANDRIASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0236
Abstract
Kegiatan pembelajaran merupakan hal yang paling utama, sehingga dalam pembelajaran guru harus memiliki proses pembelajaran yang efektif yaitu dengan pengembangan media dan model yang sesuai sehingga siswa akan lebih mudah dalam mengikuti pembelajaran. Langkah yang harus digunakan yaitu pengembangan media dan model pembelajaran yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media gambar dalam model Two Stay Two Stray dan yang diajar tanpa menggunakan media gambar dalam model Two Stay Two Stray. Penelitian dilakukan secara eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian kelas yang diajar menggunakan media gambar dalam model Two Stay Two Stray berjumlah 30 siswa dan siswa yang diajar tanpa menggunakan media gambar dalam model Two Stay Two Stray berjumlah 23 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar dalam model Two Stay Two Stray dan yang diajar tanpa menggunakan media gambar dalam model Two Stay Two Stray. Rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar dalam model Two Stay Two Stray yaitu 80,17 mempunyai pengaruh yang lebih tinggi dibanding dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan media gambar dalam model Two Stay Two Stray yaitu 66,52. Ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar dalam model Two Stay Two Stray 94% sedangkan yang diajar tanpa menggunakan media gambar dalam model Two Stay Two Stray adalah 39%.