PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN KELILING DAN LUAS JAJARGENJANG DAN SEGITIGA PADA SISWA KELAS IV SD TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
AHMAD FAKHRU ROZAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0235
Abstract
ABSTRAK
Ahmad Fakhru Rozan: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Keliling dan Luas Jajargenjang dan Segitiga Pada Siswa Kelas IV SD Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015/2016.
Kata kunci: Creative Problem Solving, CPS, Kemampuan Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Keliling dan Luas Jajargenjang dan Segitiga.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, banyak siswa kelas IV SDN Burengan 3 yang mendapatkan nilai dibawah KKM pada mata pelajaran matematika materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga. Setelah melakukan tanya jawab dengan guru dan siswa, ternyata terdapat ketidak sesuaian antara model pembelajaran dan materi yang disampaiakan, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dipelajarinya dan hasil belajarnyapun kurang maksimal.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga tanpa menggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada siswa kelas IV SDN Burengan 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016; (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga dengan menggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada siswa kelas IV SDN Burengan 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016; dan (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga pada siswa kelas IV SDN Burengan 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Burengan 3 dan 1 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan instrumennya berupa tes tertulis.
Analisis data penelitian menggunakan uji-t Sig. (2-tailed) < 0,05 maka signifikan. Hasil analisis menunjukkan Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, maka signifikan. Dengan rata-rata kelas kontrol 60,7 < KKM (75) dan rata-rata kelas eksperimen 76,2 > KKM (75).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh dari model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga, pada siswa kelas IV SDN Burengan 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016.