Pengaruh Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) didukung media Visual Terhadap Kemampuan Menentukan Keliling dan Luas Jajar genjang dan segitiga Pada Siswa Kelas IV SDN Bulu Ii Tahun Ajaran 2015/2016
Author (Penulis)
FEPI WIGUNAS SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0233
Abstract
ABSTRAK
Fepi Wigunas Sari : Pengaruh Model RME (Realistic Mathematic Education) didukung Media Visual Gambar Terhadap Kemampuan Menentukan Keliling dan Luas Jajar genjang dan Segitiga Pada Siswa Kelas IV SDN Bulu II Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa siswa kelas IV SDN Bulu II pada materi menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga masih rendah. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran guru tidak mengunakan model dan media yang tepat untuk materi menentukan keliling daN luas jajargenjang dan segitiga. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model pembelajaran RME didukung media visual gambar agar tujuan pembelajaran tercapai.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 perumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga tanpa model RME (Realistic Mathemetic Education) pada siswa kelas IV SDN Bulu I tahun 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan menentukan keliling dan luas jajar genjang dan segitiga dengan model RME (Realistic Mathemetic Education) didukung media visual pada siswa kelas IV SDN Bulu II tahun ajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh model RME (Realistic Mathemetic Education) didukung media visual terhadap kemampuan menentukan keliling dan luas jajar genjang dan segitiga pada siswa kelas IV SDN Bulu II tahun 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Bulu I dan kelas IV SDN Bulu II. Desain penelitian yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Design secara Random dan dianalisis menggunakan SPSS versi 16.0 for windows.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan siswa kelas IV SDN Bulu I tahun ajaran 2015/2016 yang tanpa menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education memiliki nilai rata-rata setelah diberikan posttest 64,25. (2) Kemampuan siswa kelas IV SDN Bulu II tahun ajaan 2015/2016 yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education didukung media visual gambar memiliki ketuntasan nilai di atas KKM yaitu rata-rata setelah diberikan posttest 76,25. Maka dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education didukung media visual gambar dapat meningkatkan kemampua siswa kelas IV dalam menentukan keliling dan luas jajargenjang. (3) Setelah diketahui dari hasil analisis data nilai t hitung 13.548 > t tabel 1,729, berarti h0 ditolak dan ha diterima, maka dapat disimpulkan ”ada pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan pembelajaran konvensional dan model pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga pada siswa kelas IV SDN Bulu II”.
KATA KUNCI : Model RME (Realistic Mathematic Education), Media Visual Gambar, Menentukan Keliling dan Luas Jajar genjang dan Segitiga.