Putri Sekar Ayu Ningrum
NPM. 12.1.01.10.0231
Fak – Prodi: FKIP - PGSD
sechar_playgirl@yahoo.com
Dra. Endang Sri Mujiwati, M.Pd. dan Novi Nitya Santi, S.Pd., M.Psi.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menjumlahkan pecahan yang masih rendah. Dibuktikan dari hasil ulangan 63% siswa mendapat nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Hal ini disebabkan kemampuan guru dalam menentukan, memilih dan menggunakan model pembelajaran masih kurang. Proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, klasikal, kurang bervariasi, dan memposisikan siswa sebagai pendengar, pencatat materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang menyenangkan, efektif dan variatif dalam meningkatkan pemahaman siswa adalah model Snowball Throwing. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan menjumlahkan pecahan sebelum menggunakan model Snowball Throwing pada siswa kelas VI SDN Sukorame 4 Kota Kediri? 2) Bagaimana kemampuan menjumlahkan pecahan sesudah menggunakan model Snowball Throwing pada siswa kelas VI SDN Sukorame 4 Kota Kediri? 3) Apakah model Snowball Throwing berpengaruh terhadap kemampuan menjumlahkan pecahan pada siswa kelas VI SDN Sukorame 4 Kota Kediri?. Teknik penelitian ini menggunakan pre eksperimen dengan desain One group Pre-test and Post-test desaign dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sukorame 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik berupa nilai rata-rata dan statistik inferensial berupa uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. (1) Siswa kelas IV SDN Sukorame 4 Kota Kediri Tahun 2018/2019 kurang mampu menjumlahkan pecahan sebelum menggunakan model Snowball Throwing, dengan rata-rata 64,64 < 75 (KKM). (2) Siswa kelas IV SDN Sukorame 4 Kota Kediri Tahun 2018/2019 mampu dalam menjumlahkan pecahan sesudah menggunakan model Snowball Throwing dengan rata-rata 83,21> 75 (KKM) (3) Ada pengaruh yang signifikan menggunakan model Snowball Throwing terhadap kemampuan menjumlahkan pecahan pada siswa kelas VI SDN Sukorame 4 Kota Kediri Tahun 2018/2019. Hal ini terbukti dengan nilai thitung 25,763 > ttabel 2,052.
Kata Kunci: Model Snowball Throwing; kemampuan menjumlahkan pecahan.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT, Rineka Cipta
Asrori. 2010. Penggunaan Model Belajar Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Nana, Sudjana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar, Bandung: Sinar Baru
Shoimin, Aris. 2013: Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka