PENGARUH MEDIA VIDEO DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN MATERI MENGIDENTIFIKASI SDA HAYATI DAN NONHAYATI SISWA KELAS IV SDN KEDUNGSARI 1 TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ERIKA LIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0228

Abstract

Abstrak Erika Liana : Pengaruh Media Video Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Materi Mengidentifikasi Keberagaman SDA Hayati dan Nonhayati Siswa Kelas IV SDN Kedungsari 1 Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kdiri, 2017. Kata Kunci : model problem based learning, media video, sumber daya alam hayati dan nonhayati. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA di SDN Kedungsari 1 cenderung menggunakan metode ceramah dan berpusat pada guru, sehingga siswa kurang memahami materi serta kurang fokus terhadap materi yang disampaikan guru. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model dan media pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tanpa didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi keberagaman SDA hayati dan nonhayati pada siswa kelas IV SDN Kedungsari 1 tahun ajaran 2015/2016; (2) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi keberagaman SDA hayati dan nonhayati pada siswa kelas IV SDN Kedungsari 1 tahun ajaran 2015/2016; dan (3) untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) didukung media video dibanding model pembelajaran PBL tanpa didukung media video terhadap kemampuan siswa SD kelas IV dalam mengidentifikasi keberagaman SDA hayati dan nonhayati. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian SDN Kedungsari 1 yakni kelas IV-A (kelompok eksperimen) dan IV-B (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t-test. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan model pembelajaran PBL tanpa didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi keberagaman SDA hayati dan nonhayati pada kelas IV SDN Kedungsari 1 dinyatakan berpengaruh, dibuktikan nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan. Meskipun demikian hasil belajar belum tercapai dengan maksimal, nilai rata-rata yang diperoleh pada saat pretest dan posttest sebesar 47,143 dan 67,5 sehingga belum mencapai KKM yaitu 70; (2) penggunaan model pembelajaran PBL didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi keberagaman SDA hayati dan nonhayati pada siswa kelas IV SDN Kedungsari 1 dinyatakan berpengaruh, dibuktikan nilai rata-rata yang diperoleh pada saat pretest dan posttest sebesar 53,9 dan 78,2 mengalami peningkatan sehingga mencapai KKM yaitu 70; dan (3) ada perbedaan pengaruh antara menggunakan Model Pembelajaran PBL didukung Media Video dibanding model pembelajaran PBL tanpa didukung media video terhadap Kemampuan mengidentifikasi keberagaman SDA hayati dan nonhayati pada siswa kelas IV SDN Kedungsari 1 Tahun Ajaran 2015/2016 dengan keunggulan pada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) didukung Media Video”. Hal ini dibuktikan dengan lebih tingginya nilai rata-rata postest (setelah perlakuan) antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu 67,5 dan 78,2.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI