PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIDUKUNG MEDIA GEOBOARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SDN DATENGAN 1 KEC. GROGOL KAB. KEDIRI


Author (Penulis)

BAGOES YUDHI HARTARTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0226

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar masih didominasi cara pembelajaran konvesional yaitu guru masih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan biasa tanpa inovasi pembelajaran sama sekali. Kondisi tersebut menjadikan minat belajar siswa rendah yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode dan media pembelajaran yang tepat digunakan yaitu metode Student Facilitator and Explaining dan media Geoboard. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas 3 SDN Datengan 1 Kec. Grogol Kab. Kediri yang berjumlah 42 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas 3A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode Student Facilitator and Explaining didukung dengan media Geoboard dan 3B sebagai kelas kontrol menggunakan metode Student Facilitator and Explaining tanpa didukung dengan media Geoboard dengan analisis data menggunakan uji t test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining didukung media Geoboard terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangung datar, hal ini terbukti dari nilai thitung = 4,727 > tt 1% = 2,258 dengan ketuntasan klasikal 97,2 %. (2), Ada pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran student facilitator and explaining tanpa didukung media Geoboard terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangung datar, hal ini terbukti dari nilai thitung = 6,338 > tt 1% = 2,243, dengan ketuntasan klasikal mencapai 69,54%.(3) Terdapat perbedaan pengaruh metode Student Facilitator and Explaining didukung dengan media Geoboard dibanding dengan metode Student Facilitator and Explaining tanpa didukung dengan media Geoboard terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat sifat bangun datar, hal ini terbukti dari nilai thitung (2,331) > tt5% (1,684). Dengan keunggulan pada penggunaan metode Student Facilitator and Explaining didukung dengan media Geoboard, hal tersebut terbukti dari nilai rerata Post-test pada penggunaan Student Facilitator and Explaining didukung dengan media Geoboard adalah 80,24 sedangkan nilai rerata Post-test pada pengguanan metode Student Facilitator and Explaining tanpa didukung dengan media Geoboard adalah 75,47. Dengan demikian 80,24 > 75,47.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI