PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BERKAITAN DENGAN PECAHAN SEDERHANA SISWA KELAS 3 SD PAWYATAN DAHA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015 / 2016
Author (Penulis)
NANIK MUTOHAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0225
Abstract
Nanik Mutoharoh : Pengaruh Kombinasi Model Pembelajran Problem Based Learning dengan examples non examples terhadap kemampuan memecahkan masalah berkaitan dengan pecahan sederhana siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi PGSD, FKIP UN PGRI Kediri,2016.
Kata kunci : Kombinasi model pembelajaran problem based learning dengan examples non examples, memecahkan masalah berkaitan dengan pecahan sederhana.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana tanpa menggunakan kombinasi model pembelajaran problem based learning dengan examples non examples pada siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran problem based learning dengan examples non examples pada siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016? (3) Adakah perbedaan antara menggunakan kombinasi model pembelajaran problem based learning dengan examples non examplels terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana dibandingkan tanpa menggunakan kombinasi model pembelajaran problem based learning dengan examples non examples pada siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan objek penelitian siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun ajaran 2015/2016 dengan menggunakan desain penelitian posttest-only control design dan teknik pengumpulan data berupa tes dengan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan dengan rumus uji t.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan memecahkan masalah berkaitan dengan pecahan sederhana tanpa menggunakan kombinasi model pembelajaran problem based learning dengan examples non examples nilai rata-rata siswa cenderung masih dibawah KKM yaitu 69,40 (2) Kemampuan memecahkan masalah berkaitan dengan pecahan sederhana dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran problem based learning dengan examples non examples nilai rata-rata siswa diatas KKM yaitu 80,44 (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan kombinasi model pembelajaran problem based learning dengan examples non examples terhadap kemampuan memecahkan masalah berkaitan dengan pecahan sederhana hasil uji t yang dilakukan diperoleh t-hitung sebesar 3,584 ? t-tabel 2,011 pada taraf signifikan 5 %.