PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI BANGUN DATAR SEDERHANA SISWA KELAS III SD PAWYATAN DAHA KEDIRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

TITIK NUR BAITI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0224

Abstract

Titik Nur Baiti : Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Sederhana Siswa Kelas III SD Pawyatan Daha Kediri Tahun 2015/2016, Skripsi PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : kombinasi model pembelajaran TAI dengan NHT, mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa masih banyak siswa yang menganggap mata pelajaran matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, tidak menarik bahkan membosankan. Apalagi proses pembelajaran masih didominasi oleh aktivitas klasikal yang hanya berpusat pada guru, sehingga menyebabkan siswa menjadi pasif selama proses pembelajaran. Hal ini tampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran masih rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana tanpa menggunakan kombinasi model pembelajaran TAI dengan NHT pada siswa kelas III SD Pawyatan Kediri? (2) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran TAI dengan NHT? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara menggunakan kombinasi model pembelajaran TAI dengan NHT dibanding tanpa menggunakan kombinasi model pembelajaran TAI dengan NHT terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian posttest-only control design dan teknik pengumpulan data berupa tes dengan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan dengan rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana tanpa menggunakan kombinasi model pembelajaran TAI dengan NHT dinyatakan masih rendah. (2) Kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran TAI dengan NHT dinyatakan tinggi. (3) Ada perbedaan pengaruh antara penerapan kombinasi model pembelajaran TAI dengan NHT dibanding tanpa menggunakan kombinasi model pembelajaran TAI dengan NHT, dengan keunggulan pada penggunaan model. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan kombinasi model pembelajaran TAI dengan NHT adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama dan kreatifitas. Untuk itu, guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses agar tercapai tujuan pembelajaran. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah kombinasi model pembelajaran TAI dengan NHT sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI