Analisis Perbedaan Kemampuan Mengenal jenis-jenis pekerjaan Menggunakan Model Take And Give Dan Make A Match Didukung Media Flashcard Pada Siswa Kelas III Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016
Author (Penulis)
WIDA AFITRI MEGASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0222
Abstract
ABSTRAK
WIDA AFITRI MEGASARI : Analisis Perbedaan Kemampuan Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Menggunakan Model Take And Give Dan Make A Match Didukung Media Flashcard Pada Siswa Kelas III SD Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, skripsi, PGSD, FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci : Model Take And Give, Model Make A Match, Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan.
Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan hasil belajar siswa kelas III SD Pawyatan Daha kota Kediri pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan rendah karena guru masih kurang kreatif dalam memilih model pembelajaran yang cocok untuk digunakan pada saat pembelajaran, sehingga guru lebih memilih menggunakan metode ceramah.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh Model Take and Give didukung media flashcard pada siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016. (2) Untuk mengetahui pengaruh Model Make a Match didukung media flashcard pada siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016. (3) Untuk membuktikkan perbedaan kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan menggunakan model take and give dan make a macth didukung media flashcard pada siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian semua kelas III SD Pawyatan Daha kota Kediri yang berjumlah 31 siswa kelas IIId diajar menggunakan model Take And Give dan 30 siswa kelas IIIh diajar menggunakan model Make A Match.
Parometer yang diukur adalah hasil belajar siswa dengan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh berdasarkan posstes. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata padakelas yang diajar menggunakan model Take And Give (85,81) dan model Make A Match (80,67) begitu juga dengan persentase hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Take And Give (83,87%) dan model Make A Match adalah (76,67%). Sehingga terdapat perbedaan antara model take and give dan Make A Match. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata dan prosentase hasil belajar siswa kelas yang diajar menggunakan model Take And Give lebih besar dari pada kelas yang diajar menggunakan model Make A Match.