PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
WIDIANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0220
Abstract
ABSTRAK
WIDIANINGSIH: Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi Pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD FKIP UNP Kediri, 2016.
Kata kunci : model problem based learing, media gambar, perubahan kenampakan bumi
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada kelas IV, siswa SDN Tanjungkalang masih kesulitan untuk mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi yang dipelajari. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran belum sepenuhnya berjalan dengan aktif dan kreatif serta kurangnya variasi dalam pembelajaran dan jarangnya penggunaan alat bantu dalam memperjelas gambaran tentang materi yang diajarkan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tesebut dibutuhkan model Problem Based Learning yang didukung media gambar.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalahnya sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi sebelum menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) didukung media gambar pada siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016?, (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi setelah menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) didukung media gambar pada siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016?, (3) Adakah pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenanpakan bumi pada siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016?.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pre-Test and Post-Test Group Nonrandomized dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tanjungkalang Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%.
Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi tanpa menggunakan model problem based learning didukung media gambar siswa kelas IV SDN Tanjungkalang 2 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016 dikategorikan rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 70,43 < KKM 75,
(2) Kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi dengan menggunakan model problem based learning didukung media gambar siswa kelas IV SDN Tanjungkalang 1 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016 dikategorikan tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 85,16 > KKM 75, (3) Ada perbedaan pengaruh antara yang menggunakan model problem based learning dengan yang tanpa menggunakan model problem based learning didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Tanjungkalang 1 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Diperoleh hasil bahwa thitung 8,32 dan ttabel db 51 sebesar 2,676, hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga H0 ditolak pada taraf signifikan 5%.