PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KEGIATAN JUAL BELI DI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS III SDN TERTEK III TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SILVI ELA ELMILA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0219

Abstract

ABSTRAK SILVI ELA ELMILA : Penerapan Model Example Non Example dengan Model Role Playing terhadap Kemapuan Memahami Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah dan Sekolah pada siswa kelas III SDN Tertek III Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : Model Example Non Example, Model Role Playing, Kemampuan Memahami Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah dan Sekolah Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa masih banyak siswa yang menganggap pelajaran IPS sebagai pelajaran yang membosankan dan tidak menarik. Apalagi proses pembelajarannya berpusat pada guru, sehinggga siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Hal ini tampak dri kemampuan siswa menguasai mata pelajaran masih rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah tanpa menggunakan model Example Non Example dengan model Role Playing pada siswa kelas III? (2) Bagaimanakah kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah dengan menggunakan model Example Non Example dengan model Role Playing pada siswa kelas III? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara menggunakan model Example Non Example dengan model Role Playing dibanding tanpa menggunakan Example Non Example dengan model Role Playing? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan objek penelitian siswa kelas III dengan menggunakan desain penelitian posttest-only control design dan teknik pengumpulan data berupa tes dengan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang di gunakan yaitu dengan rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas III tanpa menggunakan model Example Non Example dengan model Role Playing cenderung rendah atau kurang menguasai materi. (2) Kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas III menggunakan model Example Non Example dengan model Role Playing cenderung meningkat atau menguasai materi dibanding tanpa menggunakan model Example Non Example dengan model Role Playing. (3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan model Example Non Example dengan model Role Playing terhadap kemapuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) Model Example Non Example dengan model Role Playing perlu di implementasikan dalam pembelajaran mata pelajaran IPS kelas III (2) Guru dapat mengimplementasikan model Example Non Example dengan model Role Playing karena ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI