PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN BERWAWANCARA DENGAN NARASUMBER (PETANI, PEDAGANG, NELAYAN, KARYAWAN, DAN LAIN-LAIN) DENGAN MEMPERHATIKAN PILIHAN KATA DAN SANTUN BERBAHASA PADA SISWA KELAS V SDN SUKORAME 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

AHMAD NASRULLOH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0218

Abstract

ABSTRAK Ahmad Nasrulloh: Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Kemampuan Berwawancara Sederhana Dengan Narasumber (Petani, Pedagang, Nelayan, Karyawan, Dan lain-lain) Dengan Memperhatikan Pilihan Kata dan Santun Berbahasa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan di SDN Sukorame 4 ditemukan bahwa sebagian besar siswa memiliki nilai rata-rata di bawah KKM. Hal itu disebabkan pemilihan model pembelajaran tidak sesuai karakteristik materi yang diajarkan. Pada akhirnya, kegiatan pembelajaran tidak dapat diterima dengan baik oleh siswa karena mereka tidak termotivasi untuk mengembangkan potensi diri yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SDN Sukorame 5 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 dalam berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dan lain-lain) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tanpa menggunakan model pembelajaran SAVI (somatic, auditori, visual, intelektual). (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 dalam berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dan lai-lain) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (somatic, auditori, visual, intelektual). (3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran SAVI (somatic, auditori, visual, intelektual) terhadap kemampuan siswa kelas V SDN Sukorame 4 kota Kediri tahun ajaran 2016 – 2017 mata pelajaran bahasa indonesia pada materi berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dan lain-lain) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. Subyek penelitian ini adalah siswa SDN Sukorame 4 Kediri sebanyak 28 dan siswa SDN Sukorame 5 Kediri sebanyak 24 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan teknik Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunaan uji-t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Siswa kelas V SDN Sukorame 5 Kediri kurang mampu berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dan lain-lain) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa tanpa menggunakan model pembelajaran SAVI, dibuktikan dengan nilai rata-rata post test 76.00 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM 11 anak. (2) Siswa kelas V SDN Sukorame 4 mampu berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dan lain-lain) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa dengan menggunakan model SAVI, dibuktikan dengan nilai rata-rata 82,21 dengan dengan jumlah siswa yang mencapai KKM 27 anak. (3) Ada pengaruh pada kemampuan siswa berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dan lain-lain) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa dengan menggunkan model SAVI pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: kemampuan berwawancara, model pembelajaran SAVI (somatic ,auditory, visual, intelektually)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI