PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN BERBAGAI ENERGI ALTERNATIF DAN CARA PENGGUNAANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN REMBANGKEPUH
Author (Penulis)
NUR SYAFITRI MELHANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0216
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi serta kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran. Akibatnya siswa menjadi kurang aktif karena siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan guru dan berdampak pada kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kemampuan siswa dalam menjelaskan berbagai energi alternatif dan carapenggunaannyamenggunakan model pembelajaran langsung. (2) Mengetahui kemampuan siswa dalam menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya menggunakan model pembelajaran REACT. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest control group, dengan subyek siswa kelas IV SDN Rembangkepuh Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan tes berupa soal uraian.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskripsi dan analisis inferensial. Di mana analisis inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t menggunakan SPSS for Windows versi 16.0.
Simpulan penelitian ini adalah (1) Dengan model pembelajaran langsung siswa kurang mampu menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya. (2) Dengan model pembelajaran REACT siswa mampu menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya. (3) Melalui model pembelajaran REACT memberikan pengaruh terhadap kemampuan siswa menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya.
KATA KUNCI : Pengaruh, Model Pembelajaran REACT, Hasil Belajar, Energi Alternatif dan Cara Penggunaannya.