PENGARUH MODEL TEAM GAME TOURNAMENT DI DUKUNG MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BERBAGAI PENYEBAB PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV SDN POJOK KABUPATEN TULUNGAGUNG T.A. 2015/2016


Author (Penulis)

NOVIA IMANI PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0208

Abstract

ABSTRAK Novia Imani Putri: Pengaruh Model Team Game Tournament (TGT) Didukung Media Audio-visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Berbagai Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik pada Siswa Kelas IV SDN Pojok II T.A 2015/2016. Penilitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran IPA materi penyebab perubahan lingkungan fisik siswa kelas IV SDN Pojok yang masih rendah. Hal ini disebabkan, guru hanya dapat menjelaskan materi dengan ceramah sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada prestasi belajar siswa dalam memahami materi tersebut masih rendah dan tujuan pebelajaran tidak tercapai secara maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa SDN II Pojok pada pelajaran IPA menggunakan model Team Game Tournament tanpa media audio-visual; 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa SDN II Pojok pada pelajaran IPA dengan menggunakan model Team Game Tournament dengan media audio-visual; 3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh prestasi belajar siswa kelas IV SDN II Pojok pada pembelajaran IPA menggunakan model Team Game Tournament tanpa media audio-visual dan dengan menggunakan model Team Game Tournament dengan media audio-visual. Teknik penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan Quasi Exsperimental Design. Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumenya soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan berupa statistik inferesial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Simpulan hasil penelitian ini adalah : 1) Kemampuan mendekripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik dengan model Team Game Tournament tanpa menggunakan media audio-visual tidak memberikan pengaruh dalam mencapai KKM; 2) Kemampuan mendekripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik dengan model Team Game Tournament dengan menggunakan media audio-visual memberikan pengaruh dalam mencapai sebesar 11% di dalam mencapai KKM; 3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajatan TGT didukung media audio-visual terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik pada kelas eksperimen. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan kelas kontrol nilai thitung= 4,038> ttabel 0,381(5%) dan nilai rata-rata kelas kontrol 75,82<76, sedangkan pada kelas eksperimen thitung = 12,30>ttabel 0,381(5%) dan nilai rata-rata 85,53>76. Artinya ada pengaruh sebesar 11% penggunaan model TGT di dukung media audio-visual terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDN Pojok II Tahun Ajaran 2016. Kata Kunci : Pembelajaran, kemampuan mendeskripsikan perubahan lingkungan fisik, TGT, Audio-visual.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI