PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG PADA SISWA KELAS V SDN MACANAN KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

WAHYU HANDIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0207

Abstract

ABSTRAK WAHYU HANDIKA : Pengaruh Model pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada Siswa Kelas V SDN Macanan Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015 / 2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SDN Macanan 1 kesulitan untuk mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru belum menentukan model yang tepat untuk materi tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan metode Cooperative Script agar tujuan pembelajarannya tercapai. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SDN Macanan IV Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk yang di ajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SDN Macanan I Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk yang di ajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Script? (3)Apakah model cooperative script mempengaruhi terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SDN Macanan I Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Grub Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian siswa kelas V SDN Macanan 1 dan SDN Macanan 4 kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data berupa tes soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang menggunakan model pembelajaran ekspositori siswa kelas V SDN Macanan 4 dikategorikan kurang mampu. (2) Kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang menggunakan model pembelajaran cooperative script siswa kelas V SDN Macanan 1 dikategorikan mampu. (3) Ada pengaruh sangat signifikan penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang siswa kelas V SDN Macanan 1 Kabupaten Nganjuk. KATA KUNCI : Model pembelajaran Cooperative Script, Kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI