PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN BERAT BENDA (RINGAN, BERAT) SISWA KELAS I SDN PLOSO 2 TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

KRIS SELLY DEFFY SUTRA INDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0206

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa rendahnya pemahaman siswa berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Agar siswa memiliki kemampuan kritis, kreatif dan aktif, maka guru harus lebih selektif lagi dalam memilih model pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan membandingkan benda (ringan, berat) yang diajar dengan model pembelajaran langsung? (2) Bagaimanakah kemampuan membandingkan berat benda (ringan, berat) yang diajar dengan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI)? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory,Visualization, Intellectualy (SAVI) terhadap kemampuan membandingkan berat benda? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan bentuk design eksperimen semu prates dan pascates serta menggunakan pendekatan kuantitatif, data-data yang diperoleh yaitu data numerik. Dan subyek penilitiannya adalah siswa kelas I SDN Ploso 2. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan membandingkan berat benda (ringan, berat) dengan menggunakan model pembelajaran langsung tidak meningkat secara signifikan hal ini dapat dibuktikan pada perolehan rata-rata sebesar 77.83 (2) Kemampuan membandingkan berat benda (ringan, berat) dengan menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy SAVI meningkat secara signifikan hal ini dapat dibuktikan pada perolehan rata-rata sebesar 87.50 (3) Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada penggunaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) terhadap kemampuan membandingkan berat benda (ringan, berat) hal tersebut dibuktikan pada data hasil perhitungan uji t Asymp.Sig. (2-tailed) 0,000 <0,05. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok penggunaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy SAVI adalah untuk membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar yang menarik. (2) guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah model pembelajaran SAVI sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), kemampuan membandingkan berat benda (ringan, berat).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI