PENGARUH MODEL STUDENT FACILLITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA KELAS IV SDN WENGKAL REJOSO KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2015 / 2016
Author (Penulis)
LIESTIA WIRAHAYUNINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0205
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa
pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal
tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi
masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model
pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model Student Facillitator And Explaining.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai
berikut. (1) Bagaimanakah model student facillitator And Explaining berpengaruh terhadap
kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN
Wengkal Rejoso Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimanakah model
Student Facillitator And Explaining tanpa berpengaruh terhadap kemampuan
mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Wengkal Rejoso
Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 ? (3) Bagaimanakah perbedaan pengaruh
antara menggunakan model student facillitator and explaining dibandingkan tanpa
menggunakan model student facillitator and explaining terhadap kemampuan
mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Wengkal Rejoso
Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 ?
Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan Post- test dan Pretest Only Control Design dan menggunakan metode rumus SPSS Versi 20.. Menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Wengkal Rejoso
Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis
penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah Tehnik Indenpenden Sample Test
dengan hasilnya 408 sig 2 tailed.
Simpulan hasil penelitian ini adalah Bahwa Pembelajaran dengan menggunakan
model Student Facillitator And Explaining berpengaruh dengan hasil yang sangat signifikan
terhadap kemampuan pengetahuan dalam materi tentang perubahan kenampakan bumi
sedangkan Penggunaan pembelajaran langsung tanpa model student facillitator and explaining
berpengaruh sangat signifikan. Jadi hasil dapat dibuktikan untuk mengukur keberhasilan
potensi kemampuan dalam berterampil belajar siswa sudah meningkat.
Kata Kunci: Penggunaan Model Student Facillitator And terhadap kemampuan,
Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi.