PENGARUH MODEL STUDENT FACILLITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA KELAS IV SDN WENGKAL REJOSO KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

LIESTIA WIRAHAYUNINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0205

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model Student Facillitator And Explaining. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimanakah model student facillitator And Explaining berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Wengkal Rejoso Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimanakah model Student Facillitator And Explaining tanpa berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Wengkal Rejoso Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 ? (3) Bagaimanakah perbedaan pengaruh antara menggunakan model student facillitator and explaining dibandingkan tanpa menggunakan model student facillitator and explaining terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Wengkal Rejoso Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 ? Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan Post- test dan Pretest Only Control Design dan menggunakan metode rumus SPSS Versi 20.. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Wengkal Rejoso Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah Tehnik Indenpenden Sample Test dengan hasilnya 408 sig 2 tailed. Simpulan hasil penelitian ini adalah Bahwa Pembelajaran dengan menggunakan model Student Facillitator And Explaining berpengaruh dengan hasil yang sangat signifikan terhadap kemampuan pengetahuan dalam materi tentang perubahan kenampakan bumi sedangkan Penggunaan pembelajaran langsung tanpa model student facillitator and explaining berpengaruh sangat signifikan. Jadi hasil dapat dibuktikan untuk mengukur keberhasilan potensi kemampuan dalam berterampil belajar siswa sudah meningkat. Kata Kunci: Penggunaan Model Student Facillitator And terhadap kemampuan, Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI