PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI PERKALIAN SISWA KELAS IV SDN TEKENGLAGAHAN TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

FARIDATUL ANISA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0204

Abstract

ABSTRAK Faridatul Anisa: Pengaruh Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) Terhadap Kemampuan Melakukan Operasi Perkalian Siswa Kelas IV SDN Tekenglagahan Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Juli 2016. Kata kunci: Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) Terhadap Kemampuan Melakukan Operasi Perkalian. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam melakukan operasi perkalian tanpa menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) siswa kelas IV SD Negeri Tekenglagahan Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam melakukan operasi perkalian dengan menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) siswa kelas IV SD Negeri Tekenglagahan Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) terhadap kemampuan melakukan operasi perkalian siswa kelas IV SD Negeri Tekenglagahan Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Tekenglagahan. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest – Postest Group Kontrol Secara Random. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa kelas IV SDN Tekenglagahan Tahun Ajaran 2015/2016 yang tanpa menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education memiliki ketuntasan KKM 15% dan 85% siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Untuk nilai rata-rata setelah diberikan postest 68.75 (2) Kemampuan siswa kelas IV SDN Tekenglagahan Tahun Ajaran 2015/2016 yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education memiliki ketuntasan KKM 95% dan 5% siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Untuk nilai rata-rata setelah diberikan postest 89.50. Maka dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV dalam melakukan operasi perkalian (3) Setelah diketahui dari hasil analisis data nilai thitung 9.843 > ttabel 1.686 , berarti h0 ditolak dan ha diterima, maka dapat disimpulkan ”ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan pembelajaran konvensional dan model pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan melakukan operasi perkalian pada siswa kelas IV SDN Tekenglagahan”.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI