PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER KOMUNIKATIF DALAM MENCERITAKAN PENGALAMAN YANG MENGESANKAN SISWA KELAS III MI AL-MUWAZANAH 2 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SITI SYAFA'ATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0203

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan penelitian, bahwa karakter komunikatif siswa di MI Al-Muwazanah 2 kabupaten Kediri masih kurang nampak. Siswa masih cenderung bersifat individual dan pilih-pilih dalam berteman. Selain itu guru hanya menekankan pembelajaran pada aspek kognitifnya saja sedangkan aspek ketrampilan dan sikapnya kurang mendapat perhatian. Akibatnya, siswa kurang aktif sehingga karakter komunikatif yang dimiliki siswa juga tidak berkembang. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti memiliki 3 rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana karakter komunikatif siswa kelas III MI Al-Muwazanah 2 dalam menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model time token? (2) Bagaimana karakter komunikatif siswa kelas III MI Al-Muwazanah 2 dalam menceritakan pengalaman yang mengesankan tanpa menggunakan model time token? (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran time token terhadap pengembangan karakter komunikatif siswa kelas III MI Al-Muwazanah 2 dalam menceritakan pengalaman yang mengesankan?. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III MI Al-Muwazanah 2 kabupaten Kediri yang terdiri dari kelas III-A dan kelas III-B. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitiannya menggunakan teknik non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian sikap dan teknik analisis data menggunakan t-tes sample related. Berdasarkan analisis data yang diperoleh maka dapat disimpulkan: (1) Karakter komunikatif siswa kelas III MI Al-Muwazanah 2 dalam menceritakan pengalaman mengesankan dengan menggunakan model time token meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata kelas meningkat dari 75,625 menjadi 85,00 (2) Karakter komunikatif siswa kelas III MI Al-Muwazanah 2 dalam menceritakan pengalaman mengesankan tanpa menggunakan model time token meningkat namun tidak begitu signifikan dengan nilai rata-rata kelas naik dari 74,4375 menjadi 77,0625 (3) Ada pengaruh sangat signifikan penggunaan model pembelajaran time token terhadap pengembangan karakter komunikatif dalam menceritakan pengalaman mengesankan pada siswa kelas III MI Al-Muwazanah 2 kabupaten Kediri Kata Kunci : Model Time Token, Karakter Komunikatif, Pengalaman Mengesankan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI