PENGARUH PENGGUNAAN METODE SQR3 (SURVEY-QUESTION-READ-RECITED-REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK DALAM BEBERAPA KALIMAT PADA SISWA KELAS V SDN BESUK TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

RINA ROHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0201

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa rendahnya aktivitas dan keterampilan membaca siswa kelas V SDN Besuk. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran yang kurang sesuai untuk materi menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat. Akibatnya siswa mengalami kesulitan untuk menguasai materi ajar sehingga kemampuan menyimpulkan isi cerita anak belum tercapai secara maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode yang akan diuji cobakan adalah metode SQR3 (Survey-Question-Read-Recited-Review) agar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apakah penggunaan metode SQR3 (Survey, Question, Read, Recite, dan Review) berpengaruh terhadap kemampuan menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat pada siswa kelas V SDN Besuk? (2) Apakah tanpa menggunakan metode SQR3 (Survey, Question, Read, Recite, dan Review) berpengaruh terhadap kemampuan menyimpulkan isi cerita anak pada siswa kelas V SDN Besuk? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara pembelajaran yang menggunakan metode SQR3 (Survey, Question, Read, Recite, dan Review) dibanding dengan pembelajaran yang tanpa menggunakan metode SQR3 (Survey, Question, Read, Recite, dan Review) terhadap kemampuan menyimpulkan isi cerita anak pada siswa kelas V SDN Besuk? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest- Postest dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa SDN Besuk Kec. Gurah Kab. Kediri, siswa kelas V SDN Besuk 1 (kelas kontrol) dan siswa kelas V SDN Besuk 2 (kelas eksperimen), yang terdiri atas 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa jenis penilaian tes tertulis. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat siswa kelas V SDN Besuk 1 tanpa menggunakan metode SQR3 atau dengan menggunakan metode konvensional belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata (mean) adalah 60.42 dan ketuntasan klasikal 50%. (2) Kemampuan menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat siswa kelas V SDN Besuk 2 dengan menggunakan metode SQR3 berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata (mean) adalah 71.08 dan ketuntasan klasikal 79.2%. (3) Ada pengaruh yang signifikan pada pengunaan metode SQR3 terhadap kemampuan menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji-t yang dilakukan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.003 lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan yaitu 0.05 (0.003<0.05). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Metode SQR3, Menyimpulkan Isi Cerita Anak Dalam Beberapa Kalimat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI