PENGARUH METODE DISKUSI DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN MACANAN II KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ARIVIA AYU BUDIARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0198

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penelitian dan pengamatan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD, guru lebih dominan menggunakan metode Ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga menjadikan siswa menjadi kurang tertarik dan kurang fokus saat pelajaran IPA, bosan, menunggu, tidak menumbuhkan rasa ingin tahu pada siswa, sehingga siswa tidak dapat menguasai materi, tidak kreatif dan inovasi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi tersebut dibutuhkan pembelajaran yang menyenangkan yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat digunakan, selain itu agar hasilnya lebih maksimal menggunakan media pendukung yaitu metode Diskusi didukung dengan media visual. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah metode Diskusi didukung media Visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Macanan II kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk? (2) Apakah metode Diskusi tanpa didukung media Visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Macanan II kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara metode Diskusi didukung media Visual dibanding metode diskusi tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Macanan II kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Eksperimen dengan teknik Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Macanan 2 Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Metode Diskusi didukung Media Visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Macanan 2 kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Tahun 2015/2016 dengan ketuntasan klasikal ?75%, hal ini terbukti dengan tingginya harga t_hitung (3,490) >t_tabel 1% (2,763). (2) Metode Diskusi tanpa didukung Media Visual pada siswa kelas V SDN Macanan 2 Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Tahun 2015/2016 dengan ketuntasan klasikal <75%, hal ini terbukti dengan tingginya harga t_hitung (3,286) >t_tabel 1% ( 2,787).(3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan metode Diskusi dengan didukung media viaual dibanding Metode Diskusi tanpa diudkung media viaual terhadap kemampuan mendeskripsikan cahaya pada siswa kelas V SDN Macanan2 Kabupaten Kediri Tahun 2015/2016 dengan keunggulan pada pengaruh metode diskusi dengan didukung media visual. Hal ini terbukti dari harga t_hitung (4,463) >t_tabel 1% ( 2,660) dengan x ? kelompok experimen 76,25 > x ? kelompok kontrol 65,19

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI