PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DALAM MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN WATUDANDANG III TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

WURI KARTIKA SANY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0197

Abstract

ABSTRAK Wuri Kartika Sany : Penerapan Model Group Investigation dengan Model Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dalam Menjelaskan Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SDN Watudandang III Tahun, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPA dalam menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan di SDN Watudandang III, guru masih kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran, seringkali dalam mengajar guru tidak membawa media atau alat pembelajaran dikelas, siswa masih takut untuk bertanya padahal-hal yang belum dipahami, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan guru kurang dapat mengkondisikan kelas sehingga siswa ramai sendiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Watudandang III dalam menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan menggunakan model Group Investigation dengan model TGT. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa kelas IV SDN Watudandang III dalam menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan menggunakan model Group Investigation dengan model TGT. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilakukanoleh guru sebagai kolaborator dan peneliti sebagai pengamat dengan subyek penelitian kelas IV SDN Watudandang III.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan Instrumenberupa RPP, lembar keaktifan siswa dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan model Group Investigation dengan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terbuktidari rata-rata nilai presentase siklus I hanya 57,10 meningkat menjadi 73,73 pada sikluske II. (2) Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan Model Group Investigation dengan TGT terbukti dapat meningkat sebesar 31,58%. Pada siklus I keaktifan siswa hanya 31,57% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 63,15%. Kata kunci :Group Investigation, Teams Games Tournament, keaktifan, hasil belajar, sumber daya alam.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI