PENGARUH METODE DISKUSI DIDUKUNG MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI SUMBER - SUMBER ENERGI DENGAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN SUMBERAGUNG 4KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ANING ANAFIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0195

Abstract

Abstrak Aning Anafia: Pengaruh Metode Diskusi didukung Media Audiovisual terhadap Kemampuan Memahami Sumber-sumber Energi dengan Kegunaannya Pada Siswa Kelas III SDN Sumberagung 4 Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 Kata kunci: metode diskusi, media audiovisual, kemampuan memahami Berdasarkan hasil observasi dilakukan oleh peneliti pada kelas III SDN Sumberagung 4 pada waktu pembelajaran IPA didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru masih berpusat pada guru dan masih menggunakan ceramah, sehingga siswa mengalami kebosanan dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil ulangan harian dari 25 siswa yang mencapai ketuntasan hanya 40%. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar IPA perlu diadakan perbaikan yaitu dengan menerapkan metode dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kemampuan memahami sumber-sumber energi dengan kegunaannya dengan metode diskusi didukung media audio visual pada siswa kelas 3 SDN Sumberagung 4 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015-2016. (2) Mengetahui kemampuan memahami sumber-sumber energi dengan kegunaannya yang diajar dengan metode diskusi tanpa didukung media pada siswa kelas 3 Sumberagung 4 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015-2016. (3) Mengetahui pengaruh Metode Diskusi didukung media audio visual dengan Metode Diskusi tanpa didukung media terhadap kemampuan memahami sumber-sumber energi dengan kegunaannya pada siswa kelas 3 SDN Sumberagung 4 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan teknikpenelitianEksperimen dengan desain penelitian menggunakan Postest-Only Control Design. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Sumberagung 4 Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran2015/2016.Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Simpulan hasil penelitian ini (1) Kemampuan kemampuan memahami sumber-sumber energi dengan kegunaannya dengan metode diskusi didukung media audio visual pada siswa kelas 3 SDN Sumberagung 4 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015-2016dapat mencapai KKM melalui analisis statistik deskriptif, dimana ada 25 siswa yang mencapai KKM atau dengan persentase ketuntasan sebesar 82,24 % (2) Kemampuan kemampuan memahami sumber-sumber energi dengan kegunaanya dengan metode diskusi tanpa didukung media pada siswa kelas 3 SDN Sumberagung 4 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015-2016belum dapat mencapai KKM melalui analisis statistik deskriptif. Dalam penelitian ini siswa yang mencapai KKM sebanyak 23 siswa atau dengan persentase ketuntasan sebesar 66,04 % (3) Ada pengaruh yang signifikan antara Metode Diskusi didukung media audio visual dengan Metode Diskusi tanpa didukung media terhadap kemampuan memahami sumber-sumber energi dengan kegunaannya pada siswa kelas 3 SDN Sumberagung 4 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015-2016, terbukti dari hasil analisis statistik deskriptif yaitu diperoleh bahwa nilai rata-rata yang diajar menggunakan metode diskusi di dukung media audiovisual lebih besar yaitu 82,24 daripada yang diajar menggunakan metode diskusi tanpa di dukung media yaitu 73,89.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI