Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Energi Dan Perubahannya Melalui Pengamatan Yang Dilakukan Pada Siswa Kelas III Semester II SDN Sumberagung 4 Tahun Ajaran 2015 / 2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016.


Author (Penulis)

AGUNG WIJAYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0194

Abstract

ABSTRAK Agung Wijaya: Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Energi Dan Perubahannya Melalui Pengamatan Yang Dilakukan Pada Siswa Kelas III Semester II SDN Sumberagung 4 Tahun Ajaran 2015 / 2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata Kunci: Pengaruh Pembelajaran Inquiry, Pemahaman Siswa, Materi Energi dan Perubahannya. Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi pasif karena hanya mendengarkan dan hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mendeskripsikan pemahaman siswa pada materi energi dan perubahannya yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Mendeskripsikan pemahaman siswa pada materi energi dan perubahannya yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry. (3) Mengetahui pengaruh menggunakan model pembelajaran inquiry terhadap pemahaman siswa materi energi dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Intact Group Comparison. Penelitian dilakukan pada siswa kelas III SDN Sumberagung 4 Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, dan test berupa soal isian dan uraian. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil kemampuan pemahaman energi dan perubahannya menggunakan model pembelajaran konvensional dinyatakan cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai KKM 75 hanya 8 siswa mendapat nilai diatas KKM dan 16 siswa mendapat nilai dibawah KKM. (2) Berdasarkan hasil analisis kemampuan pemahaman energi dan perubahannya dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dinyatakan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai KKM 65 sebanyak 22 siswa mendapat nilai diatas KKM dan 2 siswa mendapat nilai dibawah KKM. (3) Ada perbedaan prestasi belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran kontekstual dengan metode konvensional. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisa data t hitung ditemukan sebesar 6,157, sedangkan t tabel dengan menggunakan taraf signifikan 5% adalah sebesar 2.0129, sehingga dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari pada t tabel. Dengan demikian berarti “ hipotesa nol (Ho) ditolak, dan hipotesa alternatif (H1) diterima”. Kesimpulannya, “ada pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan pemahaman energi dan perubahannya untuk siswa kelas III SDN Suumberagung 4 tahun ajaran 2015/2016”.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI