PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL SEJARAH UANG PADA SISWA KELAS III SDN PUNCU II KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
WENY NINDY HESTI IRENE
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0191
Abstract
ABSTRAK
WENY NINDY HESTI IRENE: Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Mengenal Sejarah Uang Pada Siswa Kelas III SDN Puncu II Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidkan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih di donimasi peranan dari guru. Akibatnya siswa menjadi pasif dan pembelajaran menjadi membosankan. Hal tersebut terlihat dari masih rendahnya hasil ulangan siswa.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran pembelajaran Secara Langsung terhadap kemampuan mengenal sejarah uang pada siswa kelas III SDN Puncu II Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016? (2) bagaimana pengaruh menggunakan model Numbered Head Together terhadap kemampuan mengenal sejarah uang pada kelas III SDN Puncu II Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016? (3) adakah perbedaan pengaruh antara menggunakan model pembelajaran Secara Langsung dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan mengenal sejarah uang pada siswa kelas III SDN puncu II Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitafif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Puncu II Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016. Teknik penelitian menggunakan desain Pretest – Posttest Control Design. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial dengan uji – t dan menggunakan program SPSS 23.0 for windows yaitu Independent Sample t – test.
Simpulan hasil penelitian ini diperoleh, df = 38 dengan taraf signifikan 5% = 2,024394 yang berarti taraf signifikannya 0,88 (>0,05). Dengan demikian dapat diartikan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan mengenal sejarah uang pada siswa kelas III SDN Puncu II Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Model Numbered Head Together, Materi Sejarah Uang.