PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DIDUKUNG METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PENGAMATAN BAHWA GERAK BENDA DIPENGARUHI OLEH BENTUK DAN UKURAN PADA SISWA KELAS III SDN PLOSO 2 TAHUN 2015 – 2016
Author (Penulis)
NURLAILATUL FITRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0190
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran pada siswa kelas III SDN Ploso 2 masih bersifat konvensional, metode yang digunakan yaitu metode ceramah, dan guru masih mendominasi. Akibatnya suasana pembelajaran menjadi monoton, pasif, dan kurang bermakna. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai siswa pada materi tersebut belum mencapai KKM yang telah ditentukan.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning didukung metode eksperimen?, (2) Bagaimana kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional?, dan (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran quantum learning didukung metode eksperimen terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif tipe quasi eksperimen dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Ploso 2 Nganjuk yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas III-A dan kelas III-B. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pretest-postest Group Kontrol Tidak Secara Random.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning didukung metode eksperimen dinyatakan sudah meningkat dan di atas KKM. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas dari 70,5 menjadi 83,7, (2) Kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dinyatakan masih dibawah KKM. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas dari 68,5 menjadi 74,5, (3) Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan “Ada pengaruh signifikan model pembelajaran quantum learning didukung metode eksperimen terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran”. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis menunjukkan bahwa thitung ? ttabel yaitu 2,714 ? 2,713, sehingga Ha terbukti benar.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan melalui model pembelajaran quantum learning didukung metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman materi pembelajaran. Oleh karena itu, guru sebagai pelaksana pembelajaran harus menggunakan proses yang mendukung tercapainya kegiatan pembelajaran
Kata Kunci: Model Quantum Learning, Metode Eksperimen, Gerak Benda.