PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN DAN AKTIVITAS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS 3 SEMESTER II SDN BANGSAL 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

GALANG ADE KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0188

Abstract

ABSTRAK Galang Ade Kurniawan: Perbedaan Kemampuan Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan dan Aktivitas Siswa antara Model Pembelajaran Tari Bambu dengan Model Pembelajaran Expilicit Instruction pada Siswa Kelas 3 Semester II SDN Bangsal 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015 /2016 Kata Kunci: model pembelajaran Tari Bambu dan Explicit Instruction, kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan dan aktivitas siswa. Kegiatan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, sehingga dalam pembelajaran guru harus memiliki proses pembelajaran yang membuat siswa berkonsentrasi pada materi yang diajarkan, yaitu dengan penerapan model yang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktifitas siswa yang diajar dengan model Tari Bambu dan model Explicit Instruction. Penelitian dilakukan secara eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian kelas 3 A berjumlah 20 siswa diajar dengan model Tari Bambu dan kelas 3 B berjumlah 21 siswa diajar dengan model Explicit Instruction. Hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol diukur dengan menggunakan pos tes hasil belajar, sedangkan aktivitas siswa diukur dengan menggunakan rubrik penilaian aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar dan aktifitas siswa yang diajar dengan model Tari Bambu dan model Explicit Instruction. Rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan Tari Bambu yaitu 80, dan aktivitas belajar siswanya adalah baik, sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan Explicit Instruction yaitu 64,52, dan aktivitas belajar siswanya adalah kurang baik. Ketuntasan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar dengan model Tari Bambu 60% dan 75%, sedangkan hasil belajar dan aktifitas siswa yang diajar dengan model Explicit Instruction adalah 52% dan 48%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI