PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BAWANG 03 KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

TRI CAHYANING PUSPITANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0176

Abstract

ABSTRAK TRICAHYANING PUSPITANINGRUM : Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN Bawang 03 Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci: metode problem solving, kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di SDN Bawang 03. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa kemampuan siswa dalam mata pelajaran IPS khususnya materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia masih rendah, hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah pada saat belajar. Akibatnya siswa menjadi pasif, dan merasa bosan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu metode problem solving. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah metode problem solving berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SDN Bawang 03 Kediri? (2) Apakah metode ceramah berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SDN Bawang 03 Kediri? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara penggunaan metode problem solving dibanding metode ceramah terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SDN Bawang 03 Kediri?. Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Ekperimental dengan teknik Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Desaig. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Bawang 03 Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penelitian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan metode problem solving berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia, hal ini terbukti dengan tingginya harga t_hitung (5,773) > t_tabel (2,831) serta dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 77,95%. (2) Penggunaan metode ceramah berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia, hal ini terbukti dengan tingginya harga t_hitung (3,651) > t_tabel (2,831) serta dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 50,73%. (3) Ada perbedaan pengaruh sangat signifikan antara penggunaan metode problem slving dibanding metode ceramah terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia dengan keunggulan pada penggunaan metode problem solving.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI