PENERAPAN METODE DISKUSI DAN METODE PROYEK DALAM MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI SISWA KELAS IV SDN JOGOMERTO II TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ANI ROUDLOTUL JANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0175

Abstract

Abstrak Ani Roudlotul Janah: Penerapan Metode Diskusi dan Metode Proyek dalam Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi Siswa Kelas IV SDN Jogomerto II Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016 Kata kunci: metode proyek, metode diskusi, kemampuan mendeskripsikan, energi panas dan bunyi. Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi peneliti di SDN Jogomerto II, bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi IPA rendah. Guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan model atau metode yang tepat, sehingga siswa cenderung pasif dan sulit menerima pelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV di SDN Jogomerto II dalam mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar dengan penerapan metode diskusi? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV di SDN Jogomerto II dalam mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar dengan penerapan metode proyek? (3) Apakan terdapat pengaruh penerapan metode diskusi dan proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jogomerto II dalam mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar? Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek siswa kelas IV SDN Jogomerto II. Kelas kontrol berjumlah 20 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 22 siswa. untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah (1) siswa kelas IV A yang melalukan kegiatan pembelajaran menggunakan metode proyek memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas IV B yang melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi. (2) metode proyek memiliki pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan energi panas dan bunyi siswa kelas IV. (3) hasil belajar siswa menggunakan metode proyek pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi energi panas dan bunyi lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi yang cenderung dengan ceramah dan berdiskusi. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan tujuan pokok penggunaan metode proyek adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama dan keaktifan. Dimana siswa lebih aktif, terampil, dan dapat memahami materi dengan cepat karena dalam proses pembelajarandilakukan dengan percobaan langsung. Untuk itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses agar tercapainya tujuan pembelajaran. Guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah metode proyek sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI