PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG METODE EKSPERIMEN TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PERCOBAAN BAHWA GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK SUATU BENDA PADA SISWA KELAS IV SDN BARON 3 TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DIYAH AYU RETNOSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0174

Abstract

ABSTRAK Diyah Ayu Retnosari: Pengaruh Model Group Investigation Didukung Metode Eksperimen Terhadap Sikap Sosial Dan Kemampuan Menyimpulkan Hasil Percobaan Bahwa Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda Pada Siswa Kelas IV SDN Baron 3 Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci : Group Investigation, eksperimen, sikap sosial, menyimpulkan hasil percobaan. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih kesulitan memahami materi menyimpulkan bahwa gaya dapat mengubah gerak benda. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih banyak didominasi oleh peran guru sehingga siswa kurang aktif, suasana kelas mononton, sikap sosial yang ditunjukkan masih kurang. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahn penelitian ini adalah apakah ada perbedaaan antara penggunaan model Group Investigation didukung metode eksperimen dengan model Group Investigation tanpa didukung metode eksperimen terhadap sikap sosial dan kemampuan menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak suatu benda pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen sehingga terdapat kelas eksperimen dan kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Baron 3 Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumentnya berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 1%. Hasil analisis yang menunjukkan nilai thitung>ttabel yaitu 2.578>2,021dan nilai rata-rata kelas kontrol 73,33 < 75 (KKM) dan sikap sosial masih kurang. Artinya ada pengaruh penggunaan model Group Investigation dan metode eksperimen terhadap sikap sosial dan kemampuan menyimpulkan percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak suatu benda pada siswa kelas IV SDN Baron 3 Kabupaten Nganjuk Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) sikap sosial dan kemampuan siswa kelas kontrol dalam menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak suatu benda dengan menggunakan model Group Investigation tanpa metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Baron 3 Kabupaten Nganjuk dinyatakan tidak/kurang mampu. (2) sikap sosial dan kemampuan siswa kelas eksperimen dalam menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak suatu benda dengan menggunakan model Group Investigation didukung metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Baron 3 Kabupaten Nganjuk dinyatakan sudah baik (3) sikap sosial dan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontol dalam menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak suatu benda dengan menggunakan model Group Investigation dantanpa didukung metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Baron 3 Kabupaten Nganjuk dinyatakan ada perbedaan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI