PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI DI KELAS V SDN SUMBERKEPUH 3 KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN2015/2016
Author (Penulis)
BINTI LAILATU SALAMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0172
Abstract
Abstrak
Binti Lailatu Salamah: Pengaruh Media Gambar dalam Model Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Struktur Bumi Siswa Kelas V SDN Sumberkepuh 3 Tanjunganom , Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2016.
Dalam proses pembelajaran, kegiatan belajar mengajar merupakan hal yang paling utama, karena baik buruknya hasil yang dicapai tergantung strategi yang dimiliki guru agar anak dapat belajar secara efektif dan efisien, serta bisa berfikir kritis dan cakap dalam berkomunikasi Langkah yang harus digunakan untuk mencapai hal tersebut adalah memilih media dan model mengajar yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar dalam model Inside Outside circle (IOC) dan yang diajar tanpa media dalam model Inside Outside circle (IOC).
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Sumberkepuh 3 yang jumlah 43 siswa penelitian secara eksperimen yang pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian kelas V A berjumlah 21 siswa diajar tanpa media dalam model Inside Outside circle (IOC) dan kelas V B berjumlah 22 siswa diajar dengan menggunakan media gambar dalam model Inside Outside circle (IOC) .hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media gambar dalam model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dan tanpa media dalam model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC).
Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunkan media gambar dalam model Inside Outside circle (IOC) 74,76 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar tanpa media dalam model Inside Outside circle (IOC) yaitu 68,63. Ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan media gambar dalam model Inside Outside circle (IOC) 76,19% sedangkan yang diajar tanpa media dalam model Inside Outside circle (IOC) adalah 45,45%. Kemampuan hasil belajar mendeskripsikan penelitian ini diketahui bahwa pembelajaran menggunakan media gambar dalam model Inside Outside circle (IOC) lebih tinggi dibandingkan hasil pembelajaran mendeskripsikan tanpa media dalam model Inside Outside circle (IOC).
Kata kunci: Inside Outside Circle (IOC), media gambar, hasil belajar,struktur bumi.