PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA SISWA KELAS IV SDN SIDOWAREG KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
ISNAN KHOIRUL UMAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0171
Abstract
ABSTRAK : Isnan Khoirul Umami : Pengaruh Penggunaan Metode Problem Solving Dengan Media Realia Terhadap Kemampuan Dalam Menentukan Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana Siswa Kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Di SDN Sidowareg yang terdiri dari SDN Sidowareg 1 dan SDN Sidowareg 2, guru kelas IV dalam mengajarkan materi menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana ini kesulitan dalam memilih dan menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi. Akibatnya Siswa kelas IV SDN Sidowareg merasa mudah bosan terhadap pembelajaran yang tidak menarik partisipasi siswa di dalam pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh penggunaan metode problem solving dengan media realia berpengaruh terhadap kemampuan dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana pengaruh penggunaan metode problem solving tanpa didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan metode problem solving dengan media realia dibandingkan dengan penggunaan metode problem solving tanpa didukung media realia terhadap kemampuan dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control goup design. Desain ini akan membanding hasil belajar dua kelompok siswa pada saat pretest dan posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sidowareg 1 dan SDN Sidowareg 2 Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah keseluruhan siswa adalah sebanyak 52 siswa. Data diperoleh dengan melakukan test objektif.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh penggunan Metode Problem Solving dengan Media Realia terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 (2) Terdapat pengaruh penggunan Metode Problem Solving tanpa didukung Media Realia terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 (3) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan Metode Problem Solving dengan Media Realia dengan penggunaan Metode Problem Solving tanpa didukung Media Realia terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, dengan keunggulan pada penggunaan Metode Problem Solving dengan Media Realia.
Kata Kunci :
Metode problem solving, media realia, menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana.