PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA SISWA KELAS IV SDN SIDOWAREG KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ISNAN KHOIRUL UMAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0171

Abstract

ABSTRAK : Isnan Khoirul Umami : Pengaruh Penggunaan Metode Problem Solving Dengan Media Realia Terhadap Kemampuan Dalam Menentukan Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana Siswa Kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Di SDN Sidowareg yang terdiri dari SDN Sidowareg 1 dan SDN Sidowareg 2, guru kelas IV dalam mengajarkan materi menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana ini kesulitan dalam memilih dan menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi. Akibatnya Siswa kelas IV SDN Sidowareg merasa mudah bosan terhadap pembelajaran yang tidak menarik partisipasi siswa di dalam pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh penggunaan metode problem solving dengan media realia berpengaruh terhadap kemampuan dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana pengaruh penggunaan metode problem solving tanpa didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan metode problem solving dengan media realia dibandingkan dengan penggunaan metode problem solving tanpa didukung media realia terhadap kemampuan dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control goup design. Desain ini akan membanding hasil belajar dua kelompok siswa pada saat pretest dan posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sidowareg 1 dan SDN Sidowareg 2 Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah keseluruhan siswa adalah sebanyak 52 siswa. Data diperoleh dengan melakukan test objektif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh penggunan Metode Problem Solving dengan Media Realia terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 (2) Terdapat pengaruh penggunan Metode Problem Solving tanpa didukung Media Realia terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 (3) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan Metode Problem Solving dengan Media Realia dengan penggunaan Metode Problem Solving tanpa didukung Media Realia terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, dengan keunggulan pada penggunaan Metode Problem Solving dengan Media Realia. Kata Kunci : Metode problem solving, media realia, menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI