Pengaruh Metode Group Investigation Didukung Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat-sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN Tegowangi Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

YHUZIAN DIANITA PANGASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0170

Abstract

Yhuzian Dianita Pangastuti : Pengaruh Metode Group Investigation Didukung Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat-sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN Tegowangi Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran IPA yang masih menggunakan model atau metode pembelajaran yang bersifat klasikal sehingga pembelajaran di kelas terasa sangat monoton dan siswa kurang aktif ketika pembelajaran berlangsung. Selain itu, guru juga kurang bervariasi dalam menggunakan model atau metode pembelajaran sehingga hampir semua mata pelajaran menggunakan model atau metode yang sama. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sifat-sifat cahaya tanpa menggunakan metode Group Investigation? (2)Bagaimana kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode Group Investigation didukung media tiga dimensi? (3) Apakah ada pengaruh penerapan metode Group Investigation didukung media tiga dimensi dan tanpa menggunakan metode Group Investigation terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Group Investigation dalam kegiatan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Tegowangi kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Tegowangi kabupaten Kediri yang terbagi atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol adalah kelompok siswa yang tanpa menggunakan metode Group Investigation ketika pembelajaran berlangsung sedangkan kelas eksperimen adalah kelompok siswa yang menggunakan metode Group investigation didukung media tiga dimensi ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan instrument pembelajaran lengkap dan tes berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukan nilai probabilitas (signifikan) adalah 0,000 < 0,05 dengan thitung = 3,110 > ttabel = 1,671. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 18,19 dan kelas kontrol 11,54, sehingga terdapat perbedaan rata-rata post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 6,65. Hasil analisis dari data tersebut yaitu ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode Group Investigation didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Tegowangi kabupaten Kediri. Kata kunci : metode Group investigation, kemampuan mengidentifikasi, sifat-sifat cahaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI