Dyah Sofie Lilandhika
12.1.01.10.0167
FKIP – PGSD
sofiedyah777@gmail.com
Kukuh Andri Aka, M.Pd dan Sutrisno Sahari, S.Pd., M.Pd.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum dapat mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan. Hal ini dapat di buktikan dari rata-rata ulangan harian ketika menggunakan metode ceramah, dari 46 siswa yang terdiri dari kelas A dengan jumlah 25 siswa hanya 28%. Kelas B dengan jumlah 21 siswa hanya 29%, keduanya menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal di bawah 75% terhadap KKM. Hal ini karena guru kurang memiliki wawasan pengetahuan yang luas dalam mengembangkan materi. Guru hanya mengajar dengan model konvensional, dimana guru lebih banyak menggunakan ceramah, guru mendominasi proses pembelajaran, sedangkan siswa pasif mendengar dan menunggu perintah dari guru. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendiskripsikan kemampuan mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan dengan model pembelajaran konvensional. 2) untuk mendiskripsikan kemampuan mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan dengan model pembelajaran TGT dan 3) untuk mendiskripsikan pengaruh model pembelajaran TGT terhadap kemampuan mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan
Penelitian ini merupakan penelitian true ekperimental dengan menggunakan desain prestest-postest group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN IV Tiudan kelas A adalah 25 siswa, dan B adalah 21 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sampel t test.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan menggunakan metode ceramah siswa tidak begitu meningkat atau biasa saja dengan ketuntasan terhadap KKM sebesar 29%. 2) Kemampuan mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan menggunakan model pembelajaran TGT siswa meningkat secara signifikan dengan KKM mencapai 80% 3) Terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar pada model pembelajaran TGT terhadap kemampuan mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan dengan thitung 4.681 > ttabel 2.015
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar pada model pembelajaran TGT terhadap kemampuan mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan kelas V SDN 4 Tiudan. Disarankan Model pembelajaran TGT dapat dijadikan alternatif model pembelajaran bagi guru untuk dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
KATA KUNCI TGT; kemampuan mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan;IPS
DAFTAR PUSTAKA
Aka, K. A. (2016) Komparasi Penerapan Model STAD dan TGT Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa (Studi Pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran PKN di SDN Bendo 1 Kec. Pare, Kab. Kediri) Profesi Pendidikan Dasar. 2(2). 103-111.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Ischak, Dkk. 2005. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
M. Thayeb H.M.S, dkk. 2012. IPS Terpadu untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: PT. Gelors Aksara Pratama
Soimin, Aris.2014.68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:AR-RUZZ MEDIA
Syamsiyah,dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 5 Untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Trianasari, Yenni. 2015.Pengaruh Metode TGT Didukung Media Flipchart Terhadap Kemampuan Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Pada Kelas IV SDN Papar 2 Tahun Ajaran 2014- 2015. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri : UNP PGRI Kediri