Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Example non Example terhadap Kemampuan Mengenal Pecahan Sederhana pada Siswa Kelas III SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015-2016


Author (Penulis)

NENI WAHYU SETYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0166

Abstract

NENI WAHYU SETYOWATI: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Example non Example Terhadap Kemampuan Mengenal Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas III SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015-2016, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran Matematika materi pecahan sederhana yang menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didominasi peran guru. Akibatnya siswa menjadi pasif dan membelajaran menjadi monoton. Hal tersebut terlihat dari motivasi belajar siswa yang rendah dan pada akhirnya hasil pembelajaran tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk(1) Mendeskripsikan kemampuan dalam mengenal pecahan sederhana dengan menggunakan model Example Non Example pada siswa kelas III SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015- 2016. (2) Mendeskripsikan kemampuan dalam mengenal pecahan sederhana tanpa menggunakan model Example Non Example pada siswa kelas III SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015- 2016. (3) Menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran Example non Example terhadap kemampuan mengenal pecahan sederhaan pada siswa kelas III SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian kelas III SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015-2016. Teknik penelitian ini menggunakan desain Postest-Only Control design. Analisis data yang digunakan adalah jenis analisis data dengan teknik uji-t sampel bebas. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengenal pecahan sederhana dengan menggunakan model Example non Example pada siswa kelas III SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015-2016 dinyatakan sudah di atas rata-rata KKM (70) yaitu 86,56. (2) Kemampuan mengenal pecahan sederhana tanpa menggunakan model Example non Example pada siswa kelas III SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015-2016 dinyatakan masih di bawah rata-rata KKM (70) yaitu 63,4375. (3) Ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaranExample non Example terhadap kemampuan mengenal pecahan sederhana siswa kelas III SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015-2016 dengan hasil analisisdata menunjukkan bahwa nilai t-hitung 7,86 > t-tabel 2,2971. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran example non exampleterhadap kemampuan mengenal pecahan sederhana. Kata kunci: Model Pembelajaran Example non Example, Materi Pecahan Sederhana

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI