PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGHARGAI SUARA TERBANYAK SISWA KELAS II SDN PUCANGSIMO 1 JOMBANG TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

PUTRI SARI DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0165

Abstract

ABSTRAK PUTRI SARI DEWI : Pengaruh Model Numbered Heads Together didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Menghargai Suara Terbanyak Siswa Kelas II SDN Pucangsimo 1 JOMBANG, Skripsi, PGSD, FKIP, UNP KEDIRI, 2016. Kata kunci: Model Numbered Heads Together,Media Visual, Menghargai Suara Terbanyak. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran PKn di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi dari peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, membosankan karena guru hanya menggunakan metode curamah dan tidak menggunakan model NHT dengan media Visual dalam pembelajaran menghargai suara terbanyak. Hal tersebut Nampak dari hasil belajar siswa yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan siswa kelas II SDN Pucangsimo 1 terhadap materi menghargai suara terbanyak dengan mengunakan model NHT dan media visual ? (2) bagaimana kemampuan siswa kelas II SDN Pucangsimo 1 terhadap materi menghargai suara terbanyak tanpa mengunakan model NHT dan media Visual? (3) adakah pengaruh penggunaan model NHT dengan media visual terhadap materi menghargai suara terbanyak siswa kelas II SDN Pucagsimo 1 Kecamatan Bandar Kedung Mulyo Kabupaten Jombang Tahun 2015/2016 ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek siswa kelas II SDN Pucangsimo 1 Jombang. Penelitian ini dilaksanakan 2 tahap, menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis dengan mengacu pada norma keputusan yang telah ditetapkan, maka dapat diketahui bahwa hasil t hitung dengan t tabel, Mengacu pada norma keputusan yang digunakan yaitu Jika T-hitung ? T-tabel. Taraf signifikan (5%), berarti : signifikan, artinya Ho ditolak. Dengan hasil ? t?_h (3,481) ?t_t (2,10) maka, sangat signifikan. Model NHT dengan Media Visual yang digunakan untuk materi menghargai suara terbanyak terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus menggunakan model NHT dengan media visual pada materimenghargai suara terbanyak. Berdasarkan analisis data dari pengujian hipotesis yang dilakukan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan sebagai berikut : Hasil belajar siswa kelas II pada materi menghargai suara terbanyak dengan menggunakan model Numbered Heads Together dan media visual sangat tinggi dibuktikan dengan melihat mean atau rata-rata siswa kelas eksperimen (x) yang menunjukkan angka 78,51 yakni rata-rata yang tinggi. Hasil belajar siswa siswa kelas II pada materi menghargai suara terbanyak tanpa menggunakan model Numbered Heads Together dan media visual rendah hal ini dapat dibuktikan dengan melihat mean atau rata-rata siswa kelas kontrol (y) yang menunjukkan angka 64,27 yakni rata-rata tersebut lebih rendah dari pada rata-rata kelas eksperimen. Model Numbered Heads Together dengan Media visual mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar materi menghargai suara terbanyak siswa kelas II SDN Pucangsimo I. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan SPSS 17.0 dapat dilihat bahwa berpedoman pada besarnya angka signifikan. Dalam hal ini keputusan dapat diambil dengan ketentuan : Jika probabilitas < 0,05 maka hipotesis nihil ditolak. Dengan angka signifikan 0,01 berarti lebih kecil dari 0,05 (0,01 < 0,05) maka Ho ditolak. Sedangkan perhitungan cara manual yang membandingkan t-hitung dengan t-tabel dimana db 18 pada taraf signifikan 1% menunjukkan t-tabel 2,87 dan pada taraf signifikan 5 % menunjukkan t-tabel 2,10. T-hitung 3,48 berarti lebih besar t-hitung dari pada t-tabel (3,48 > 2,10). Mengacu pada teori noma keputusan : Jika T-hitung ? T-tabel. Taraf signifikan 1% (2,87) dan 5% (2,10), berarti : signifikan, artinya Ho ditolak. Dari pembahasan perhitungan secara manual dan spss di atas, kedua perhitungan tersebut menunjukkan hasil hasil signifikan dan Ho atau hipotesis nihil ditolak, sehingga dapat disimpulkan “ada pengaruh model Numbered Heads Together dengan media Visual terhadap hasil belajar materi sistemmenghargai suara terbanyak siswa kelas II SDN Pucangsimo I Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang Tahun 2015/2016”

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI