PENGARUH METODE EKSPERIMEN DIDUKUNG ALAT PRAKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN SIFAT – SIFAT CAHAYA KELAS 5 SDN KUTOREJO 1 KEC. KERTOSONO KAB. NGANJUK TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

M. ARIES KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0163

Abstract

ABSTRAK Muhamad Aries Kurniawan: Pengaruh Metode Eksperimen Didukung Alat Praktik Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas 5 SDN Kutorejo 1 Kec. Kertosono Kab. Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD,FKIP UNP Kediri, 2016. Kata Kunci: Metode Eksperimen Didukung Alat Praktik, Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih didominasi cara pembelajaran konvesional yaitu guru masih menggunakan metode ceramah dan latihan soal biasa tanpa inovasi pembelajaran sama sekali. Kondisi tersebut menjadikan minat belajar siswa rendah yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran dan media yang tepat digunakan yaitu Metode Eksperimen dan media alat praktik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh metode eksperimen didukung alat praktik terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Kutorejo 1 Kec. Kertosono Kab. Nganjuk tahun ajaran 2015/2016? (2) Apakah ada pengaruh metode diskusi terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Kutorejo 1 Kec. Kertosono Kab. Nganjuk tahun ajaran 2015/2016? (3) Adakah perbedaan pengaruh hasil belajar metode eksperimen didukung alat praktik dengan metode diskusi terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa Kelas V SDN Kutorejo 1 Kec. Kertosono Kab. Nganjuk tahun ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Grup Kontrol Tidak Secara Random dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas 5 SDN Kutorejo 1 Kec. Kertosono Kab. Nganjuk pada siswa kelas 5A dan 5B yang berjumlah 64 siswa. Yang terdiri dari Kelas 5A 31 siswa dan kelas 5B 33 siswa, kelas 5B menjadi kelas kontrol yang terdiri dari 33 siswa, dan kelas 5A menjadi kelas eksperimen yang terdiri dari 31 siswa dengan tujuan untuk memberikan perlakuan yang berbeda. Dalam memberikan perlakuan, kelas kontrol dalam pembelajaran mengunakan metode diskusi. Sedangkan kelas eksperimen dalam proses pembelajaran menggunakan metode eksperimen didukung alat praktik. Dari kedua kelas tersebut nantinya akan menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode eksperimen didukung alat praktik terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Setelah menggunakan metode diskusi berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, hal ini terbukti dari nilai t hitung (17,798) > t tabel ( 2,037) pada taraf signifikan 1% dengan nilai rata-rata 65,96 dan ketuntasan klasikal sebesar 83,79%. (2) Setelah menggunakan metode eksperimen didukung alat praktik berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, hal ini terbukti dari nilai t hitung (21,212) > t tabel (2,042) pada taraf signifikan 1% dengan nilai rata-rata 81,96 dan ketuntasan klasikal sebesar 98,55%. (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan metode eksperimen didukung alat praktik dibanding dengan menggunakan metode diskusi terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas 5 SDN Kutorejo 1 Kec. vii 19 Kertosono. Hal ini terbukti dari nilai t hitung (5,181) > t tabel (1,999) pada taraf signifikan 1 % yang berarti sangat signifikan. Dengan keunggulan pada metode eksperimen didukung alat praktik dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 81,96 > 65,96 kelas kontrol dan ketuntasan klasikal kelas eksperimen 81,96% > 65,96% kelas kontrol.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI